Slims, Senayan Library Management System

PENGANTAR

slims adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source.

Senayan pertama kali digunakan di Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional. Pengembangan Senayan dilakukan oleh SDC (Senayan Developers Community). Di koordinir oleh Hendro Wicaksono, dengan Programmer Arie Nugraha, Wardiyono. Sementara dokumentasi dikerjakan oleh Purwoko, Sulfan Zayd, M Rasyid Ridho, Arif Syamsudin. Pada Januari 2012, developer SLiMS bertambah 2 orang, yaitu: Indra Sutriadi Pipii (GOrontalo) dan Eddy Subratha (Jogjakarta). Selain itu, ada pula programmer Tobias Zeumer (tzeumer@verweisungsform.de), dan Jhon Urrego Felipe Mejia (ingenierofelipeurrego@gmail.com). Situs resmi SLiMS, saat ini ada di http://slims.web.id

 

TUTORIAL

 

Oke, tanpa banyak basa basi langsung saja kita mulai tutorial ini. yang perlu anda persiapkan adalah :

1..Sebelum memulai pastikan anda melakukan backup (Cadangan) terlebih dahulu

2. Pastikan anda menyalakan Apache & Mysql pada xampp jika anda ingin mengupdate di localhost, seperti pada gambar dibawah ini.

3. Langkah selanjutnya adalah langsung menuju direktori aplikasi slims yang terinstal, pada milik saya terinstal di C/xampp/htdocs/opac/

4. Tentunya anda sudah mempersiapkan file terbaru versi slims 9 bulian bukan?  Silahkan ekstrak lalu semua file di pindahkan (replace/diganti) ke C/xampp/htdocs/opac/  KECUALI 3 FILE yaitu :

    1. Folder Confiq
    2. Folder Files
    3. File Sysconfiq.inc.php

5. Oke selesai , Cuma gitu aja…!!

6. Langkah selanjutnya silahkan ketik URL nya : localhost/opac/ maka seperti punya saya akan muncul seperti gambar dibawah ini.